Camat Mantang Imbau Pemdes Kembali Galakkan Budaya Goro

MANTANG.DENDUN– Camat Mantang Siti Zaina, S.STP   mengajak seluruh Pemerintah Desa (Pemdes)  dilingkungan Kecamatan Mantang untuk kembali menggalakkan gotong royong (Goro) dan kemandirian dalam membangun desa. Ajakan tersebut diutarakannya saat bersilaturahmi di desa Mantang Lama beberapa waktu lalu.

Menurut dia  saat ini kegiatan goro mulai sangat jarang kelihatan. “budaya goro harus digalakkan kembali. Karena selama ini menurut pantauan kami, budaya goro tidak pernah dilaksanakan” katanya.

Siti Zaina mengakui, tidak mudah untuk mengubah masyarakat untuk mandiri menciptakan kampung yang bersih, aman dan peduli akan kesehatan lingkungan. Butuh kebersamaan dari berbagai pihak.

Budaya goro harapnya, harus diterapkan kembali kepada masyarakat  khususnya di Desa Dendun. Karena desa tersebut merupakan desa yang terdampak langsung pada banjir ROB (banjir pasang laut) beberapa waktu lalu. Selain itu, juga agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit.

“Desa Dendun harus bersih karena berdampak lansung dari banjir ROB pada waktu awal tahun kemaren. Selain itu, dengan lingkungan yang sehat dan bersih maka berbagai penyakit bisa terhindarkan” tuturnya.

Selain itu tambahnya, melalui goro juga mempererat silaturrahim. Namun yang lebih terpenting, kehidupan masyarakat akan lebih baik dengan melakukan goro. Kegiatan goro ini dilaksanakan diseluruh desa di kecamatan mantang dengan melibatkan unsur kecamatan mantang dan seluruh unsur aparatur pemerintah desa dan tidak ketinggalan unsur upika kecamatan Kapolpossubsektor mantang, babinkantibmas dan babinsa se kecamatan (andesit).

Berita Lainnya

Leave a Comment