Camat Mantang Lantik 15 Anggota BPD SeKecamatan Mantang

MANTANG-Kecamatan Mantang mengadakan Pengambilan Sumpah dan pelantikan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  serentak se Kecamatan Mantang Masa Bhakti 2020-2026 di Aula Kecamatan Mantang pada hari senin, 08/02/2021.             

    Dikarenakan Badan Permusyawaratan Desa dikenal istilah BPD Masa Bhakti 2014-2020 sudah berakhir masa jabatan atau dikenal istilah Purna Tugas maka dari itu Desa wajib melakukan pembaharuan BPD dengan membuka lowongan pendaftaran BPD yang dilakukan oleh panitia Pemilihan BPD dan dibantu oleh pihak kecamatan selaku kepanjangan tangan dari Kabupaten untuk kelancaran acara pemilihan Anggota BPD Masa bhakti 2020-2026 yang ada di Desa. 

    Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Anggota Badan Permusyawaratan Desa periode tahun 2020 s/d 2026 yang dilaksanakan oleh Camat tersebut merupakan amanat dari Keputusan Bupati Bintan Nomor 170/III/2020 tanggal 2 Maret 2020 tentang penunjukan camat sebagai Pemandu Pengucapan Sumpah Janji Anggota Badan Permsyawaratan Desa (BPD) Desa Mantang Lama, Desa Mantang Besar dan Desa Mantang Baru Kecamatan Mantang.

    Pelantikan Anggota BPD Periode 2020-2026 seKecamatan Mantang di Aula Kantor Kecamatan Mantang oleh Camat Mantang Siti Zaina. S.STP Selaku Atas Nama Bupati Bintan, sebanyak 15 Anggota BPD yang dilantik dari 3 desa yang ada di kecamatan Mantang yaitu Desa Mantang Lama, Desa Mantang Besar dan Desa Mantang Baru, selanjutnya penandatanganan berita acara pengambilan sumpah yang diwakili setiap satu desa satu orang dan dilanjut dari Saksi dari Kepala desa Mantang Lama, Kepala Desa Mantang Besar, Kepala Desa Mantang Baru dan Sekretaris Kecamatan, Rohaniawan dan Camat Mantang.

  Terasa Khitmad acara Pengambilan sumpah dan pelantikan Anggota BPD di Aula kecamatan Mantang dengan sejumlah 15 anggota BPD yang dilantik oleh Camat Mantang “Siti Zaina, S.STP”. pada pukul 10.00 WIB, dilanjut Penyerahan Surat Ketupusan (SK) yang diwakili satu desa satu orang secara bergantian.

   Dalam sambutan Camat Mantang Siti Zaina, S.STP menyampaikan ” Ucapan terima kasih kepada seluruh Kepala Desa dan Panitia Pemilihan Anggota BPD BPD Masa Bhakti 2020-2026 yang ada di Aula Kecamatan Mantang sudah berhasil dalam melaksanakan tugas sebagai panitia pemilihan Anggota BPD Masa Bhakti 2020-2026 dan tadi sudah resmi saya lantik semoga dengan Anggota BPD yang baru bisa membantu desa dalam urusan pemerintahan yang ada di Desa”

Siti Zaina, dalam arahannya mengatakan, fungsi dari BPD yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

“Selain itu, wewenang BPD lainnya adalah menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Pemerintah Desa secara lisan dan tertulis, melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja kepala desa, meminta keterangan tentang penyelenggaraan pemerintahan desa kepada Pemerintah Desa, mengawal aspirasi masyarakat, menjaga kewibawaan dan kestabilan penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan tata kelola pemerintahan yang baik, menyusun peraturan tata tertib BPD, menyampaikan laporan hasil pengawasan yang bersifat insidental kepada bupati melalui camat, menyusun dan menyampaikan usulan rencana biaya operasional BPD secara tertulis kepada kepala desa untuk dialokasikan dalam rancangan anggaran dan pendapatan belanja desa,” imbuh orang nomor satu di Mantang ini.

     Hadir dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah 15 anggota BPD dari 3 desa itu, Kapolposektor Mantang IPTU Zulkarnain, Babinkantibmas dan Babinsa se Kecamatan mantang, para Kepala desa Se-Kecamatan Mantang, Panitia Pilkades  serta Ketua BPD lama.

Berita Lainnya

Leave a Comment